Senin, 19 Desember 2011

Sistem Sekresi, Endokrin, Reproduksi

ILMU FAAL
(FISIOLOGI) 

     SISTEM SEKRESI
Sekresi adalah proses pengeluaran zat yang masih diperlukan tubuh oleh suatukelenjar, misalnya hormone atau enzim.
Manusia memiliki organ atau alat-alat ekskresi yang berfungsi membuang zat sisahasil metabolisme. Zat sisa hasil metabolisme merupakan sisa pembongkaran zatmakanan, misalnya karbon dioksida (CO2), air (H2O), ammonia (NH3), urea dan zatwarna empedu. Zat sisa tersebut sudah tidak berguna lagi bagi tubuh dan harusdikeluarkan karena bersifat racun dan dapat menimbulkan penyakit

Organ atau alat-alat ekskresi dan sekresi pada manusia terdiri dari :
  1.  Paru-paru
  2. Hati
  3. Kulit 
  4. Ginjal
                       SISTEM ENDOKRIN
Sistem endokrin adalah sistem kontrol kelenjar tanpa saluran (ductless) yang menghasilkan hormon yang tersirkulasi di tubuh melalui aliran darah untuk memengaruhi organ-organ lain. Hormon bertindak sebagai "pembawa pesan" dan dibawa oleh aliran darah ke berbagai sel dalam tubuh, yang selanjutnya akan menerjemahkan "pesan" tersebut menjadi suatu tindakan. Sistem endokrin tidak memasukkan kelenjar eksokrin seperti kelenjar ludah, kelenjar keringat, dan kelenjar-kelenjar lain dalam saluran gastroinstestin. Cabang kedokteran yang mempelajari kelainan pada kelenjar endokrin disebut endokrinologi, suatu cabang ilmu kedokteran yang cakupannya lebih luas dibandingkan dengan penyakit dalam.

SISTEM REPRODUKSI
Sistem reproduksi adalah suatu rangkaian dan interaksi organ dan zat dalam organisme yang dipergunakan untuk berkembang biak. Sistem reproduksi pada suatu organisme berbeda antara jantanbetina. Sistem reproduksi pada perempuan berpusat di ovarium. Alat reproduksi pada pria a. Sepasang testis, yang terbungkus dalam kantong skrotum, testis berfungsi sebagai penghasil sperma dan hormon testosteron b. Sepasang epididimis, saluran panjang berkelok-kelok terdapat di dalam skrotum pada wanita ovarium berfungsi menghasilkan ovum dan hormon (estrogen dan progestron) jika sel telur pada ovarium telah masak, akan dilepaskan dari ovarium, pelepasan telur dari ovarium disebut ovulasi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar